Hindari Hal Berikut Saat Work From Home

Hindari Hal Berikut Saat Work From Home

Apabila kamu berencana untuk bekerja di rumah, pastikan memiliki kesiapan mental yang lebih. Sebab bekerja dari rumah tidak semudah yang dibayangkan. Lingkungan yang kondusif akan membuat kamu lebih nyaman dalam bekerja. Tapi, juga harus menghindari beberapa hal ini.

1. Menentukan Waktu Sesuka Hati

Kamu harus menentukan kapan akan memulai bekerja dan kapan akan selesai bekerja. Sama halnya dengan bekerja di sebuah perusahaan, yang berbeda hanyalah lokasi dan ritme bekerja. Semakin kamu pandai mengatur waktu, dan menentukan kapan semua tugas selesai maka akan semakin mudah mengatur waktu. Ingat, bekerja di rumah tidka seperti bekerja di sebuah instansi perusahaan.

2. Kerja di Sembarang Ruangan dalam Rumah

Meski bekerja di rumah kamu harus menentukan ingin bekerja di mana. Sediakan satu ruangan khusus untuk kamu bekerja. Misalnya di sudut ruang kamar, atau bahkan di sudut ruang lainnya. Hal terpenting adalah jangan bekerja di sembarang tempat, atau berpindah-pindah tempat yang identik dengan waktu bersantai. Karena ini akan membuat kamu, ingin selalu santai tanpa memikirkan pekerjaan. Itulah alasan mengapa tidak boleh bekerja di sembarang tempat, meski di dalam rumah.

3. Mencampur Pekerjaan Pribadi dengan Pekerjaan Rumah

Kamu tetap harus membedakan antara pekerjaan dengan pekerjaan rumah. Jika dua hal tersebut dikerjakan dalam satu waktu, maka tidak akan ada yang sesuai keinginan. Jika kamu harus mengerjakan pekerjaan pribadi, lebih baik selesaikan pekerjaan tersebut. Setelah itu, barulah menyiapkan waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Dengan begitu, kamu dapat memfokuskan pemikiran ke satu topik saja. Sehingga pekerjaan utama dan pekerjaan rumah tangga dapat berjalan lancar.

4. Sering Membuka Media Sosial

Sama seperti bekerja di perusahaan, membuka media sosial bukanlah hal yang pokok dilakukan. Semakin kamu sering membuka media sosial, maka akan membuang banyak waktu dalam bekerja. Sehingga, kamu akan melalui waktu dengan percuma. Untuk menghindari hal tersebut, kamu sebaiknya meminimalisir penggunaan smartphone untuk membuka media sosial. Tidak hanya di smartphone, bahkan kamu harus meminimalisir penggunaan media sosial di perangkat apapun selama bekerja.

5. Jangan Menunda-nunda Pekerjaan

Jika ingin emanfaatkan waktu sebaik mungkin, yang harus dilkukan adalah jangan menunda-nunda pekerjaan. Semakin lama kamu menunda, maka akan semakin lama juga pekerjaan selesai. Agar lebih cepat bersantai, yang harus dilakukan adalah, menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Setelah mengerjakan pekerjaan dengan cepat, maka waktu untuk me time akan lebih banyak.

6. Lupa Beristirahat

Meski kamu bekerja di rumah, pastikan untuk selalu beristirahat. Jangan sampai pekerjaan membuat kamu sakit, sehingga tidak dapat maksimal mengerjakan pekerjaan. Banyak orang yang lupa akan hal ini. Padahal tubuh dan kesehatan merupakan aset utama dalam bekerja. Meskipun bekerja di rumah, atau bahkan di luar rumah.

Bekerja di rumah memang menyenangkan, namun apabila kamu tidak mengindari beberapa hal yang telah dijelaskan sebelumnya akan berantakan. Untuk itu, harus memiliki komitmen dalam bekerja dan menghindari beberapa hal tersebut.

 

Share: