Cara Membuat Branding Yang Kuat

Cara Membuat Branding Yang Kuat

Branding yang kuat tidak terjadi dalam semalam. Anda tidak bisa hanya memilih beberapa warna dan membuat logo. Anda perlu memahamu desain Anda secara strategis. Ini membutuhkan pemikiran yang mendalam dengan keterampilan komunikasi dan desain yang kuat, dan pemahaman yang mendalam tentang merek.

Dengan panduan yang tepat Anda dapat melalui proses secara efektif dan menghasilkan branding yang benar-benar tepat. Nah, kami dapat memberikan panduan itu.

Apa itu Branding?

Apakah itu logo? warna? Gaya infografis? dan banyak lagi.

Marty Neumeier mendefinisikan branding sebagai "ekspresi luar dari suatu merek, termasuk merek dagang, nama, komunikasi, dan penampilan visualnya." Bagi kami, branding adalah jumlah total dari bagaimana penampilan, rasa, dan menyampaikan merek Anda kepada orang-orang. (termasuk bagaimana hal itu terdengar, terasa, dan bahkan berbau.)

Pada akhirnya, branding adalah cara untuk berkomunikasi dengan dunia, membedakan diri Anda dari pesaing Anda, dan menciptakan pengalaman merek yang mendorong orang untuk terlibat/tertarik dengan Anda.

Beberapa merek meninggikan branding menjadi sebuah seni (pikirkan Apple, LEGO, atau Levi's). Beberapa merek membuatnya masuk ke dalam arena bermain (pikirkan Warby Parker atau Casper). Sayangnya, beberapa merek (oke, banyak) kesulitan karena mereka tidak tahu siapa mereka atau tidak tahu bagaimana cara mengkomunikasikannya secara efektif. 

Terlepas dari di mana Anda jatuh pada spektrum itu, satu hal yang pasti. Jika Anda ingin menjadi perusahaan yang kompetitif dan sukses, membuat branding yang kuat adalah wajib. Ketika Anda berhasil berkomunikasi siapa Anda, Anda dapat berkomunikasi lebih baik dengan orang lain dan membentuk hubungan yang kuat yang Anda butuhkan untuk kesuksesan jangka panjang.

Apa Saja Yang Termasuk Dalam Branding?

 

Logo dan warna saja tidak cukup untuk membuat branding. Saat mendesain identitas Anda, Anda perlu membuat bahasa visual yang komprehensif yang dapat diterapkan untuk semua hal, mulai dari situs web hingga kemasan Anda. Bergantung pada merek Anda (dan jenis konten yang Anda rencanakan untuk dibuat), kebutuhan Anda mungkin lebih luas, tetapi branding dasar meliputi:

1. Logo

2. Warna

3. Tipografi

4. Sistem Desain

5. Fotografi

6. Ilustrasi

7. Ikonografi

8. Visualisasi data

9. Elemen interaktif

10. Video dan gerak

11. desain web

Ingat: Branding Anda harus diterjemahkan di seluruh media, jadi sertakan semua media yang Anda butuhkan untuk mengaplikasikannya.

Kunci Branding yang Kuat

 

hanya karena Anda mendesain elemen-elemen itu tidak berarti mereka efektif. Branding yang kuat harus berguna untuk semua orang, baik tim internal Anda (mis., Duta merek, pembuat konten) dan orang-orang yang akan berinteraksi dengannya (mis., Pelanggan). Saat Anda memulai proses desain, pastikan branding Anda mempunyai sifat-sifat berikut:

1. Berbeda: Menonjol di antara pesaing dan menarik perhatian orang.

2. Berkesan: Ini membuat dampak visual. (Pertimbangkan Apple: Logo ini sangat mengesankan sehingga hanya mencantumkan logo — bukan nama mereka — pada produk mereka.)

3. Dapat diukur dan fleksibel: Dapat tumbuh dan berkembang dengan merek.

4. Kohesif: Setiap bagian melengkapi branding.

5. Mudah diterapkan: Ini intuitif dan jelas untuk digunakan oleh para desainer.

Jika salah satu dari elemen ini hilang, itu akan menjadi tantangan bagi tim branding Anda.

 

 

 

Share: