Perhatikan Tips Ini Dalam Mendesain Sebuah Poster

Perhatikan Tips Ini Dalam Mendesain Sebuah Poster

1. Pertimbangkan Ukuran dan Lokasi Penempatannya

Selain warna dan jenis tulisan, ukuran dan lokasi penempatan poster tersebut juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebagai contoh, jika poster Anda akan digantung di dinding berwarna hijau, pastikan poster Anda tidak menggunakan skema warna yang sama dengan dinding tersebut. Pilihlah warna-warna kontras agar desain poster Anda tidak menyatu dengan lingkungan sekitarnya. Meskipun termasuk faktor eksternal, hal ini sangat penting untuk menarik perhatian seseorang terhadap poster milik Anda.

2. Penggunaan Kontras

Dengan tujuan untuk menarik perhatian seseorang, penggunaan kontras yang tinggi antara elemen dalam poster bisa membantu Anda melakukan hal tersebut. Anda bisa meninggalkan palet warna yang monoton serta gradien yang pucat. Sebaliknya, pilihlah warna-warna dengan kontras yang lebih berani. Pikirkan pula penggunaan warna background penuh agar membuat poster Anda menonjol dari poster lainnya.

3. Desainnya Mudah Dibaca dari Kejauhan

Kunci utama dari pembuatan desain poster yang sempurna adalah pastikan bahwa poster tersebut dapat dibaca dari kejauhan. Agar mendapatkan poster yang seperti itu, pastikan kembali bahwa poster Anda memiliki tiga komponen utama, yakni headline untuk teks utama dan harus jadi yang terbesar dalam poster, rincian informasi, dan terakhir adalah penjelasan menarik dari event tersebut. Pilihlah jenis huruf yang mudah dibaca dan mudah menarik perhatian masyarakat. Berikan informasi secara ringkas dan bedakan warna pada setiap komponen untuk memfokuskan poin mana yang ingin disampaikan lebih dulu.

4. Sediakan Ruang kosong yang Luas

Dalam membuat poster, pastikan Anda memberikan ruang yang cukup luas di antara elemen-elemen yang ada di poster tersebut. Hal ini akan sangat mempengaruhi dampak visual dan juga kemudahan membaca poster tersebut dari jauh. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jaraknya di dalam desain poster, yakni jarak per huruf, antara garis dari teks, margin dalam poster, elemen poster seperti gambar dan teks, serta yang terpenting adalah elemen mana yang ingin dilihat oleh orang lain lebih dulu.

5. Menggunakan Visual Besar

Mulai dari foto, ilustrasi atau teks, sebuah visual besar yang dominan adalah salah satu tips untuk menghasilkan desain poster yang sempurna. Sama seperti teks, visual ini juga harus bisa dibaca dari kejauhan. Ketika sedang membuat poster, Anda bisa memilih sebuah gambar muka atau elemen close up, ilustrasi tunggal, ataupun titik fokus utama yang tajam lengkap dengan tipografi menarik. Setelah Anda memilih visual tersebut, berhati-hatilah dalam memilih layering-nya. Visual yang dipilih harus memiliki kontras yang cukup agar kelak mudah dibaca.

Share: